Jangan Buang Kaos Kaki Bekas!

Write By: text_none_author Published In: Created Date: 2016-06-24 Hits: 7345 Comment: 0

 

 

Untuk apa menyimpan kaos kaki bekas? Jangan salah, kaos kaki bekas dapat dikreasikan menjadi barang unik dan berguna. Inilah inspirasi kreatif reuse kaos kaki.

Coba ingat-ingat, pasangan kaos kaki yang hilang sebelah disimpan dimana? Bagaimana dengan kaos kaki usangmu yang lain? Seperti kaos kaki yang sudah bosan kamu pakai karena warna dan motifnya tidak kamu sukai, kaos kaki yang melar bagian karetnya, atau kaos kaki yang bolong karena tersangkut. Banyaknya kaos kaki yang sudah tidak terpakai dirumah, sudah saatnya kamu kumpulkan.

Jangan dulu dibuang. Kaos kaki-kaos kaki bekas tersebut dapat didaur ulang!

Kaos kaki usang atau kaos kaki bekas dapat dimanfaatkan kembali menjadi barang-barang unik. Apa saja kreasi yang bisa dibuat dengan  bahan kaos kaki bekas? Berikut SOKA berikan inspirasi dan tips untuk reuse kaos kaki bekas.

 

  1. Pelindung Gelas dari Panas atau Dingin

Kaos kaki bekas atau kaos kaki yang hilang sebelah dapat kamu hias cantik sebagai pelindung gelas. Pelindung gelas dari kaos kaki ini bisa kamu bawa kemanapun. Sehingga, dimana pun kamu minum kopi panas atau minuman dingin lainnya, bisa terlindungi oleh pelindung gelas tersebut.

 

 

  1. Handband Accessories untuk Berolahraga

Kaos kaki bekas dapat dipakai untuk aksesoris pelengkap jogging kamu. Kaos kaki yang  sudah tidak terpakai dapat kamu kreasikan menjadi handband untuk menyimpan handphone di lenganmu saat berolahraga. Selain itu, kaos kaki bekas dapat didaur ulang menjadi manset.

 

 

  1. Socks Bun Sebagai Pengganti Jepit atau Ikat Rambut

Ikat rambut atau jepit kamu tiba-tiba hilang saat hendak dipakai? Jangan khawatir. Gunakan saja kaos kaki bekas untuk pengganti ikat rambutmu untuk dijadikan socks bun. Ini hal yang sangat berguna untuk hijaber, wanita muslim, dan perempuan yang sering mengikat rambutnya sepanjang hari.

Kaos kaki dapat dijadikan sebagai ikat rambut, khususnya untuk membuat sanggul. Sanggul dari kaos kaki (socks bun) akan membuat tampilan hijabmu semakin cantik tanpa memerlukan jepit rambut lainnya untuk  menaikan  volume rambut kamu dibalik hijab. Berikut cara membuat socks bun.

 

 

  1. Keset dan Lap Pel Unik dan Murah dari Kaos Kaki

Lap bersih kamu habis atau belum kering dijemur saat musim hujan tiba? Tenang, kaos kaki bekas bisa jadi solusi ketika tidak ada lap bersih di rumah.

Cobalah cari kaos kaki yang sudah rusak atau bolong. Lebih baik lagi jika kaos kaki yang usang adalah kaos kaki berbahan katun atau serat bambu. Misalnya, kaos kaki Soka Essentials atau kaos kaki Soka International Everyday Socks yang sudah usang.

Kaos kaki kesayanganmu tersebut dapat disulap menjadi lap pel atau keset. Keset dan lap pel dari kaos kaki berbahan ini akan dapat menyerap air dengan baik dan membersihkan lantai lebih bersih.

Caranya, kamu bisa menggunakan teknik ikat pada kawat kasa seperti membuat keset pada umumnya, atau jahit kaos kaki yang sudah tersusun lebar. Cara mudah lainnya adalah dengan cara memasukan langsung kaos kaki pada batang lap pel untuk mengganti lap pel yang sudah rusak.

 

 

  1. Dekorasi Interior Rumah dengan Hiasan dari Kaos Kaki

Jangan panik jika tiba-tiba kamu harus mendekor ulang interior rumahmu. Cukup hias beberapa sudut ruangan atau hias barang-barang dirumah kamu yang menjadi pusat perhatian. Salah satunya adalah mengubah tampilan vas bunga di sudut ruangan rumahmu.

Hias vas bunga dengan sesuatu yang berbeda! Kaos kaki bekas adalah cara paling mudah dalam memberikan dekorasi unik, murah, dan mudah didapat. Inilah langkah membuat hiasan vas bunga dari kaos kaki:

 

  • Pilih beberapa kaos kaki bekas yang memiliki motif atau pola unik.

  • Sesuaikan ukuran kaos kaki dengan vas bunga yang akan dihias.

  • Gunting dan pisahkan bagian alas kaos kaki dengan tabung kaos kaki.

  • Gunakan bagian tabung kaos kaki untuk menghias vas bunga.

  • Jahit bagian bawah hiasan vas bunga dari kaos kaki, jika diperlukan.

  • Hias dengan pita, renda, atau bahan lainnya sesuai kreasi.

 

Kamu pun dapat menghias tempat pensil di meja belajar anak-anak atau tempat kerja dengan hiasan yang unik dari kaos kaki bekas tersebut.  Jika punya waktu luang, kamu bisa juga membuat bantal hiasan untuk kursi, dari gulungan kaos kaki bekas yang telah diisi dacron atau kain perca.

 

Fun Fact

Selain sebagai hiasan, vas bunga yang diberi hiasan dari kaos kaki, bisa menjadi pelindung vas bunga. Bantalan kaos kaki yang lembut dan tebal menghindari resiko vas bunga pecah ketika jatuh.


 

 

  1. Boneka-boneka Berkarakter Unik dan Lucu

Ketika masa liburan tiba, tetapi cuaca tidak memungkinkan untuk kegiatan outdoor atau jalan-jalan, inilah saatnya liburan seru di rumah! Berkreasi bersama anak-anak membuat boneka kaos kaki, jadi salah satu liburan seru di rumah.

Bermain bersama anak-anak akan lebih berkualitas dengan mengajarkan mereka sesuatu. Termasuk hal-hal kreatif untuk  mengasah daya imajinasi mereka. Nggak perlu bahan-bahan yang sulit untuk membuat beragam kreasi boneka dan karakter lucu. Kamu bisa menggunakan bahan dari kaos kaki bekas.

 

Tips Membuat Boneka dari Kaos Kaki Bekas

 

  • Ajak anak-anak memilih kaos kaki dari kaos kaki bekas miliknya sendiri. Hal ini untuk melatih mereka kreatif dalam membuat hal usang miliknya menjadi suatu hal menarik.

  • Pilih kaos kaki bekas yang memiliki motif atau unik, sehingga tanpa perlu ditambah kain lainnya pun, boneka kaos kaki akan terlihat sangat lucu.

  • Berikan tempelan mata boneka atau dijahit dengan benang hitam sebagai aksen mata. Voila! Boneka dengan karakter-karakter unik bisa terbentuk dengan cantik.

  • Biarkan  anak-anak berimajinasi membuat karakter sesuai bayangannya, bantu mereka ketika proses menjahitnya saja.

 

Boneka lucu dari kaos kaki bekas yang dibuat bersama anak-anak, dijamin tidak akan mereka temukan di toko boneka. Anak-anak akan merasa senang dengan kreasi yang unik ini. Dan tentunya, kamu bisa lebih dekat dengan anak-anak ketika liburan dibandingkan dengan mereka sibuk bermain game masing-masing.

 

Fashion item yang sudah tidak terpakai atau bekas, ternyata nggak harus selalu langsung dibuang kan, SOKA Lovers? Termasuk kaos kaki bekas. Kaos kaki bekas dapat didaur ulang menjadi barang unik dan bermanfaat bagi beberapa aktivitasmu. Barang unik dari kaos kaki bekas dapat dipakai sendiri atau dapat dijadikan sebagai bisnis rumahan.

Terlebih lagi kalau kaos kaki bekas yang dipakai adalah kaos kaki SOKA. Kualitas bahan, elastisitas, warna, motif, dan pola kaos kaki SOKA yang terjamin dan beragam bentuknya membuat kaos kaki SOKA akan lebih cantik untuk didaur ulang. Mari berkreasi dengan kaos kaki bekas, SOKA Lovers.

 

C:\Users\Admin\Google Drive\Mitologi Media\Project Files\Soka Network\Slider SOKA\soka slider meme 07 jadi\Reuse kaos kaki-01.png

 

Leave A Comment

Captcha


Panel Tool

Reset